Semarang – Universitas Islam negeri Walisongo menjalin kerjasama pertukaran pelajar dengan Chia Nan University Taiwan pada Rabu, (8/11) di aula kampus 1 UIN Walisongo. Penandatanganan dilakukan Rektor UIN Walisongo Prof Dr Muhibbin MAg dengan Jimmy Chen dari Taiwan.

Jimmy Chan bersama dua rekannya yaitu Ti Yu Chang dan Mrs Hu Huiling serta mantan atase pendidikan Indonesia di Taiwan Chaerun Anwar dan Agus Fatkhuddin dari Pusat Pengembangan Budaya Islam – China (PPBIC).

Sebelumnya di kantor Walikota Semarang,  Chia Nan University (CNU) Taiwan menandatangani kerjasama dengan Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang, Universitas Sains Alquran (Unsiq) Wonosobo, Pengurus Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Tengah dan Pusat Pengembangan Budaya Islam-China Jawa Tengah.

Rektor mengharapkan adanya persetujuan pertukaran pelajar atau kerjasama akademik baik penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “saya berharap mahasiswa UIN Walisongo bisa magang di Taiwan serta belajar tentang saintek disana, sehingga bisa mengamalkannya kepada mahasiswa yang lain. Dengan kerjasama ini terwujud karya penelitian yang bisa dimasukkan dalam Jurnal Internasional,” katanya.

Jimmy Chan mengatakan bahwa di taiwan banyak kampus yang bisa menjadi tujuan kuliah, ia menawarkan beasiswa dari kuliah sarjana magister maupun doktor. “Di Taiwan mahasiswa bisa kuliah sambil kerja, selain mendapat gelar sarjana, ia juga bisa menghasilkan uang untuk ditabung,” katanya.

Selain itu kerjasama ini bisa dilakukan dibidang saintek dan penelitian teknologi. “mahasiswa Indonesia bisa juga belajar sambil mendalami bahasa mandarin sehingga nanti jika sudah mahir bisa menjadi tenaga ahli yang bekerja di Taiwan,” tambahnya.

Leave a Comment