UKM JAZWA merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa di Fakltas Psikologi dan Kesehatan,yang memfokuskan kegiatannya pada bidang kesenian islami. Ukm ini lahir dari  BPKM(Badan Pelaksana Kegiatan Mahasiswa) di lingkungan FPK. Lahirnya Ukm Jazwa sendiri dilatarbelakangi oleh kebutuhan mahasiswa psikologi dan kesehatan akan tempat yang mewadahi bakat dan minat dalam bidang seni kegamaan.

Pada awalnya UKM Jazwa dinamakan sebagai bakat minat keagamaan yang dibentuk oleh BPKM yang kemudian berganti nama menjadi Jazwa pada tanggal 10 Mei 2017 berdasarkan hasil rapat pengurus bakat minat keagamaan kala itu. Ukm Jazwa sendiri didirikan pada tanggal 28 November 2016.

Logo UKM Jazwa memiliki kepanjangan Jaamiyyatul Qur’an Wa Sholawat. Filosofinya ialah Bentuk kubah yang memiliki arti tempat beradanya unsur-unsur islami. Cagak merupakan tempat untuk meletakan Al Qur’an karena setiap kegiatan mengaji baik tilawah maupun tahfidz memakai alat tersebut untuk menyokong Al Qur’an. Tulisan “Jazwa” sendiri merupakan kaligrafi jenis koufi.

Struktur Organisasi

  1. Hadroh merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap hari selasa di halaman gedung B FPK. Latihan dilaksanakan setiap pukul 15.00 – selesai. Setiap latihan peserta akan mengisi buku kehadiran dan Saat latihan setiap mahasiswa akan diminta untuk menerapkan secara langsung  apa yang telah diajarkan oleh pelatih,hal ini bertujuan agar pelatih dapat mengetahui sejauh mana peserta latihan menguasai apa yang telah diajarkan oleh pelatih. Pelatih hadroh ialah mahasiswa semester 5 yang pastinya memiliki pengalaman di bidang hadroh. Tim Hadroh Jazwa pernah tampil di acara Harlah FPK,PBAK,dan di beberapa tempat di luar kampus.

  2. Tilawah merupakan kegiatan seni baca Al qur’an. Latihan tilawah Ukm Jazwa dilaksanakan setiap hari Jum’at pukul 15.30-16.00 di Ruang Bpkm FPK. Kegiatan tilawah dilatih oleh seorang pengajar yang handal dan berpengalaman di bidang tilawah. Peserta tilawah akan mendapat pengajaran ilm tilawah dari dasar. Setiap latihan peserta akan dicoba untuk melantunkan ayat Al Qur’an sesuai  maqro dan rumus yang sudah diajarkan. Dengan adanya program ini diharapkan dapat melahirkan qori qoriah FPK. Sudah 2 tahun ini ukm jazwa membina dan mengirim calon atlet ke orsenik cabang tilawah.Meski belum pernah juara tetapi pengalaman mengirimkan atlet FPK tampil di lomba antar fakultas(orsenik) cukup menantang dan membangkitkan semangat.

  3. Kaligrafi merupakan kegiatan membuat seni khat arab.Kegiatan latihan kaligrafi dilakukan setiap hari selasa jam 16.00 di depan gedung B.Latihan ini membutuhkan beberapa alat khusus seperti khandam,tinta cina,kertas,cat,kuas,dll.Membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam menggoreskan tinta diatas kertas.Khat yang diajarkan antara lain naskhi,tsulus,riqo’ah.Tetapi untuk saat ini latihan sedang difokuskan pada jenis naskhi.Kemudian disini juga diajarkan membuat ornament kaligrafi.Pelatih yang mengajarkan ialah mahasiswa Uin Walisongo yang mempunyai pengalaman di bidang kaligrafi seperti pernah menjuarai lomba tingkat Nasional.Pelatih akan memberikan materi baru setiap pertemuan.Ini akan membuat peserta lebih antusias mengikuti latihan.

  4. Tahfidz atau Hafalan merupakan cara untuk menjaga Al Qur’an. Ukm Jazwa membentuk divisi ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa mahasiswa yang telah memiliki  hafalan Al qur’an serta untk memberikan semangat kepada mahasiwa lainnya bagi yang ingin  menghafal Al Qur’an.Setoran hafalan dilakukan kondisional sesuai kesepakatan dengan penyimak.Yang paling ditekankan ialah mahasiswa dapat menghafal Juz 30. Penekanan hafalan pada juz tertentu bertujuan guna menyiapkan mahasiswa dalam menghadapi salah satu materi comphare yaitu hafalan.