Program Studi Gizi FPK UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan Kepaniteraan Umum (PANUM) 2020 secara daring via Zoom Cloud Meeting (Jumat 24/7). Kegiatan ini diikuti seluruh mahasiswa semester 7 yang berjumlah 89 mahasiswa serta dihadiri dosen Gizi dan segenap pejabat Fakultas.
Program PANUM sendiri merupakan program persiapan bagi mahasiswa semester 7 menuju PKG 2020 pada Agustus mendatang. Ketua Prodi Gizi, Dr. Dina Sugiyanti, M.Si. menjelaskan bahwa program PANUM yang akan dilaksanakan selama 7 hari (24-30 Juli 2020) terdiri dari PANUM Gizi Institusi, PANUM Gizi Klinik, dan PANUM Gizi Masyarakat.
“Dengan dilaksanakannya PANUM ini sekaligus membuka rangkaian kegiatan PKG 2020 dari Juli hingga November mendatang” papar Dina.
Kegiatan PKG bertujuan untuk mengasah skill lapangan mahasiswa (semseter 7) guna memenuhi kompetensi lulusan sebagai seorang Sarjana Gizi, baik itu di masyarakat maupun di institusi (Rumah Sakit).  Atas Surat Edaran Rektor UIN Walisongo Semarang terkait sistem pembelajaran pada masa pandemi, maka PKG 2020 dilaksanakan secara daring.
“Dikarenakan adanya pandemi Covid-19, maka PKG 2020 dilaksanakan dengan sistem daring. Sistem daring ini tidak mendatangkan mahasiswa untuk praktik langsung di rumah sakit namun dilakukan secara online dari daerah masing-masing dengan bimbingan dari pembimbing lapangan/clinical instructor” tutur Dina.
Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Prof. Dr. Syamsul Ma’arif, M.Ag. menegaskan bahwa kegiatan PKG online dirancang sedemikian rupa sehingga mahasiswa tetap akan mendapatkan kompetensi yang dibutuhkan sebagai seorang Sarjana Gizi.
“Kurikulum PKG secara online telah disesuaikan dengan standar kompetensi lulusan Sarjana Gizi. Mahasiswa PKG tetap akan mendapatkan bimbingan dari intruktur lapangan (Rumah Sakit) dan nantinya ketika kondisi membaik di tahun depan mahasiswa tetap akan terjun ke Rumah Sakit guna melengkapi kompetensi yang masih dibutuhkan” tegas Syamsul.
Redaksi : Fitria Susilowati, M.Sc.