UIN Walisongo Online: Semarang – Memasuki hari ketiga PBAK mahasiswa Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Rabu (9/9/2020), Wening Wihartati, M.Si, Kepala Jurusan Prodi Psikologi dan Dr. Dina Sugiyanti, M.Si, Kepala Jurusan Prodi Gizi, membuka kesempatan untuk sharing tentang serba-serbi prodi yang dipimpinnya, seperti pengenalan visi misi prodi, gelar akademik, profil lulusan, garis besar kurikulum dan capaian pembelajaran. Mereka juga mengenalkan tim yang ada dalam prodi mulai dari kajur, sekjur dan pra dosen, serta foto-foto yang menggambarkan sarpras pendukung perkuliahan.

Para mahasiswa baru lalu merespon dengan berbagai pertanyaan. Secara umum mereka merasa bangga bisa diterima di FPK karena kedua jurusan yang ada merupakan jurusan favorit, sehingga mereka bersyukur sebagai orang-orang pilihan.

Tetapi banyak juga di antara mereka yang belum faham betul dengan jurusan yang telah mereka pilih. Sekilas mereka hanya tahu bahwa ilmu psikologi dan gizi sangat dibutuhkan oleh siapapun sehingga ketika mereka berhasil menguasainya maka bisa mereka manfaatkan untuk orang-orang di sekitarnya.
Setelah para kajur menjelaskan tentang berbagai profesi yang bisa mereka tekuni berdasarkan aktifitas para dosen serta para alumni akhirnya sampailah pada kesimpulan bahwa jurusan yang mereka pilih memang sangat keren.

Dengan ilmu psikologi maupun gizi, mereka tidak hanya akan berorientasi menjadi “pegawai” saja namun mereka juga bisa membuka peluang usaha sendiri. Itulah sebabnya rugi jika mereka masih pesimis dengan pilihannya. Ilmu yang akan mereka pelajari bisa membawa mereka menjadi insan yang memiliki multi tasking dan multi profesi, untuk menjadi manusia seutuhnya yang dapat beraktualisasi diri demi tercapainya subjective well being dan hidup penuh barokah. Jika mereka sungguh-sungguh maka mereka akan memiliki masa depan yang tidak mati gaya…. Jadi, siapa takut??