Walisonngo Health and Professional and Development Center (WHPDC) adalah lembaga layanan Psikologi dan Gizi UIN Walisongo Semarang. WHPDC memiliki tujuh divisi dalam pelayanan nya yaitu Divisi Layanan Konseling Psikologi, Divisi Riset dan Pengembangan SDM, Divisi Layanan Asesmen Psikologi, Divisi Layanan Halal Center. Divisi layanan Konseling Gizi dan Dietetik serta Divisi Training dan penyuluhan Gizi. WHPDC membuka jasa layanan untuk umum, mahasiswa serta pegawai UIN Walisongo Semarang.

Divisi Konseling Psikologi Walisongo Health and Professional dan Developmen Center (WHPDC) menyelenggarakan Workshop Peer Counseling. Workshop Peer Counseling ini diikuti oleh mahasiswa/mahasiswi psikologi UN Walisongo semarang, dengan syarat telah mendapatkan mata kuliah konseling. Dalam workshop ini diikuti oleh tiga puluh Orang mahasiswa dan mahasiswi.

Workshop Peer Counseling diselegngerakan secara virtual dengan Platform Zoom Meet. Workshop ini dinarasumberi oleh Psikolog WHPDC yaitu Nadya Ariyani Hasanah N., S.Psi., M.Psi., Psikolog, Luck Ade Sessiani S.Psi., M.Psi., Psikolog dan Lainatul Mudzkiyyah S.Psi., M.Psi., Psikolog. Workshop ini juga sebagai recruitmen Peer Counseling WHPDC menggantikan peer counselling yang sebelumnya.

Dalam pemaparan materinya Ibu Nadya Ariyani Hasanah N S.Psi., M.Psi.. Psikolog menjelaskan Peer Counseling suatu cara mahasiswa memperhatikan dan membantu mahasiswa lain. Hal ini juga dismbut oleh mahasiswi peserta workshop Peer Counseling “ saya igin membantu orag lain, ingin menerapkan keilmuan psikolgi yang sudah dipelajari disemester sebelumnya dan ingin mencari pengalaman bagaimana seseorang yang memiliki permasalahan, konseling dengan kita” ujar murni salah satu peserta workshop peer counseling. Dalam workshop peer counseling ini juga ibu Nadya menjelaskan bagaimana kalian bisa membantu ? kita bisa membentu orang-orang disekitar kita dengan menjadi pendengar cerita.

Dalam Workshop Peer counseling ini juga peserta dibekali dengan materi Konseling Online yang dinarasumberi oleh Ibu Luncky Ade Sessiani.,S.Psi., M.Psi Psikolog. “ Kenapa konseling online ? yang pertama adalah kemudahan akses, dapat diakses dimana saja melalui berbagai platform dan berbagai aplikasi, jadi ini yang memudahkan orang untuk memilih konseling online, karena mudah diakses dari pada harus berangkat berpindah tempat, apalagi adanya pembatassan mobilitas untuk pergi ke tempat konselor “ujar ibu lucky. Dalam materi ini ibu lucky menjelaskan tips-tips dalam konseling online.

Materi ketiga tentang kode etik konseling yang dinarasumberi oleh Ibu Lainatul Mudzkiyyah S.Psi., M.Psi., Psikolog. “ kode etik psikologi adalah etika-etika yang harus ditaati saat memberikan layanan psikologi  ini merupakan nilai nilai yang termaktub dalam kode etik di dalam pasal pasal nya” ujar ibu lina dalam pemaparan materinya. Dalam materi ini ibu lina menjelaskan kode etik psikologi khususnya dalam layanan konseling.

Workshop Peer counseling dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 27-28 Februari. Diadakanya workshop ini guna mengajak mahasiswa/mahasiswi berperan dalam menjaga serta mempromosikan  Kesehatan mental. Melalui Workshop Peer Counseling ini akan dipilih mahasiswa/mahasiswi yang akan menjadi Peer Counseling Walisongo Health and Professional Development Center (WHPDC). Bagi kalian yang ingin melakukan konseling Psikologi dapat menghubungi narahubung WHPDC 0882-2960-5781/ nisrina 0877-6437-8010