Bertempat di Hotel Laras Asri Salatiga selama dua hari, 17-18 Oktober 2020, team jurnal redaksi Psikohumaniora menggelar FGD dengan tema pernyiapan teknis menuju jurnal bereputasi Internasional.

Prof. Syamsul, Dekan FPK mengapresiasi inisiasi program-program “khalwatiyah” jurnal semacam ini. FGD seperti ini, merespon semangat internal Kampus UIN Walisongo meningkatkan pemeringkatan di semua bidang, termasuk jurnal bereputasi seperti terindeks Scopus dan WoS. Semangat para jihadis jurnal ini,
perlu dilakukan seintensif mungkin, dan diikat dalam sinergitas gerakan kebersamaan dan kolaborasi agar berhasil maksimal.

Baidi Bukhari, Pimred Psikohumaniora merasa optimis dan senang dengan kebijakan supporting program ini. Terutama dapat bantuan Litapdimas Diktis Tahun 2020, klaster peningkatan kualitas jurnal bereputasi Internasional. “Do’akan semoga Psikohumaniora, benar-benar menjadi jurnal bereputasi,” katanya.

Salah satu agenda FGD adalah melakukan bedah jurnal. Hasil bedah jurnal disimpulkan bahwa jurnal dianggap sudah siap untuk mendaftar di Web of Science. Untuk menuju Scopus, masih ada beberapa hal yang perlu disiapkan.

Pada kesempatan itu, dilakukan submit ke Indeksasi WoS, dan perbaikan konten web jurnal menurut standar jurnal terindeks Scopus. Dengan menggandeng para pakar jurnal terutama Faizal Risdianto dari IAIN Salatiga dan Arif Subiyanto dari UM.