Kegiatan PKG Masyarakat Mahasiswa Prodi Gizi Semester 7 resmi dimulai pada Jumat (31/7). Pelaksanaan PKG Tahun 2020 yang berlangsung daring ini diikuti oleh 89 mahasiswa yang merupakan mahasiswa Prodi Gizi semester 7 (tujuh). Mahasiswa kemudian dibagi menjadi 8 kelompok dengan 8 pembimbing lokal dan 8 pembimbing praktisi (Ahli Gizi Puskesmas).
Dosen penanggung jawab PKG Masyarakat, Pradipta Kurniasanti, S.KM., M.Gizi menuturkan bahwa PKG Masyarakat melatih kompetensi mahasiswa dalam menangani masalah gizi di masyarakat di daerahnya masing-masing.
“Kegiatan PKG masyarakat terdiri dari tahap asesmen, analisis masalah, perencanaan program, implementasi dan monitoring serta evaluasi program. Seminar proposal dilaksanakan setelah mahassiwa melakukan survey area dan menganalisis permasalahan gizi di daerahnya” tutur Pradipta.
Rangkaian ujian proposal PKG Masyarakat berlangsung mulai tanggal 11-14 Agustus 2020 dan dilaksanakan secara daring. Seminar proposal diuji dan divalidasi oleh pembimbing lokal dan Ahli Gizi Puskesmas.
“Setelah proposal mahasiswa divalidasi, mahasiswa kemudian mengimplementasikan rancangan programnya kepada masyarakat. PKG Masyarakat tahun ini berkesan, karena mahasiswa melaksanakan programnya di daerah asalnya, di beberapa provinsi di seluruh Indonesia” pungkasnya.

Ujian Proposal Kelompok 4 PKG Masyarakat (Pembimbing Fitria Susilowati, M.Sc. dan Daniek Nur W., S.Gz.) dilaksanakan secara daring

 

Redaksi : Fitria Susilowati, M.Sc.