Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) melaksanakan rapat awal tahun pada Kamis, 4 Januari 2021. Dalam rapat tersebut dibahas tentang persiapan perkuliahan semester genap 2020/2021. Rapat yang dilaksanakan secara daring ini diikuti oleh seluruh dosen dan tenaga kependidikan FPK.

Rapat dimulai dengan arahan dan sambutan dari Dekan FPK, Prof. Dr. Syamsul Ma’arif, M.Ag. Dalam  sambutannya, Prof. Samsul menyampaikan bahwa FPK telah mencapai prestasi yang cukup baik pada tahun 2020, khususnya dalam capaian indeks kinerja utama. Hal ini cukup untuk mendukung program FPK menuju Research University, Smart Class dan Go Green Campus. Prof. Syamsul juga menekankan tentang penerapan filosofi Ki Hajar Dewantoro dengan “Ngerti, Ngeroso lan Ngelakoni“. Filosofi ini harus terimplementasi dalam setiap langkan civitas akademika di FPK UIN Walisongo Semarang.

Selain itu, Dekan FPK mengajak seluruh keluarga besar FPK untuk ikut berpartisipasi dalam menyuarakan dan menerapkan ‘Moderasi Beragama’ pada seluruh Civitas akademika Fakultas Psikologi dan Kesehatan, sehingga bisa menjadi ‘Ummataqwasatho’ dan mewujudkan Persatuan dan Kesatuan NKRI dalam seluruh aspek kehidupan. Prof. Syamsul juga menambahkan bahwa dengan moderasi beragama tentunya seseorang tidak diperbolehkan bersifat fanatik terhadap keyakinan yang dimiliki, sehingga dapat bersikap seimbang dan bertoleransi antar umat beragama.

“Moderasi beragama itu berarti cara beragama jalan tengah. Dengan moderasi beragama, seseorang tidak ekstrim dan tidak berlebih-lebihan saat menjalankan syariatnya. Moderasi beragama merupakan sebuah cara pandang dalam beragama yang cara aktualisasinya tidak ekstrim (di tengah, tidak kanan atau kiri) atau seimbang” ujarnya.

Dr. Baidi Bukhori, M.Si. selaku Wakil Dekan I  juga menyampaikan tentang upaya meningkatkan Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dosen dan mahasiswa FPK dituntut untuk mampu menyebarluaskan keilmuannya dalam publikasi ilmiah maupun pengabdian kepada masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional. Serupa dengan Wakil Dekan I, Dr. Widiastuti, M.Ag. selaku wakil dekan bidang II siap mendukung program-program inovatif FPK dengan menyediakan pagu-pagu anggaran yang berimbang. Tidak hanya itu, kegiatan mahasiswa juga akan senantiasa ditingkatkan.

Wening Wihartati, M.Si selaku Ketua Progtam Studi Psikologi lebih menekankan pada persiapan perwalian yang akan diadakan pada 05-10 Pebruari agar perwalian dapat berjalan maksimal dan mahasiswa dapat memperoleh prestasi belajar yang baik terutama terkait pemilihan mata kuliah yang akan diambil semester genap Tahun 2020/2021.