Selasa (30/03), Divisi Layanan Asesmen Psikologi Walisongo Health and Professional and Development Center (WHPDC) berhasil menyelenggarakan Seminar Pengenalan Alat Tes pengukur kesiapan sekolah. Seminar ini merupakan satu dari serangkaian acara open recruitment tim divisi layanan asesmen psikologi Walisongo Health and Professional Development Center (WHPDC) yang bekerja sama dengan Himpsi Jateng dan Diknas Kota Semarang dalam melakukan tes kesiapan masuk sekolah dasar.

Dalam sambutannya, Dr. Nikmah Rochmawati, M.Si. selaku direktur Walisongo Health and Professional Development Center (WHPDC) menyampaikan bahwa sangat penting bagi mahasiswa untuk mencari pengalaman terkait dengan bidang ilmu yang ditekuni guna membentuk jam terbang dan melatih mahasiswa dalam berkarir sebelum memasuki dunia kerja. Setelah itu seminar resmi dibuka oleh Dr. Widiastuti, M.Ag., wakil dekan bidang kepegawaian dan umum.

Kegiatan ini diikuti oleh 42 mahasiswa psikologi Angkatan 2017 dan 2018 yang telah menyelesaikan mata kuliah psikodiagnostik 3, 4, dan 5. Seminar diselenggarakan secara online melalui platform Zoom Meeting mulai pukul 09.00 hingga 12.40 WIB.

Narasumber pada seminar ini adalah Lucky Ade Sessiani S.Psi., M.Psi., Psikolog selaku psikolog di Walisongo Health and Professional Development Center (WHPDC) sekaligus dosen psikologi UIN Walisongo Semarang.

Dalam pemaparannya, narasumber menjelaskan fenomena yang masih sering ditemui ketika proses pendaftaran sekolah dasar dibuka yakni pemberian syarat penguasaan calistung (membaca – menulis – berhitung). Padahal hal tersebut bukan menjadi sebuah syarat wajib yang harus dipenuhi ketika memasuki jenjang sekolah dasar. Maka dari itu, tes kesiapan sekolah menjadi sebuah hal yang harus dilakukan pihak sekolah guna mengetahui tingkat kesiapan calon murid sekolah dasar.

Seminar ini berisi pemaparan mengenai alat tes secara lengkap dan sifatnya berkelanjutan dengan workshop yang akan dilaksanakan pada bulan April. Seminar menjadi tahap awal dalam proses seleksi tim divisi layanan asesmen psikologi Walisongo Health and Professional Development Center (WHPDC). Sebagai koordinator divisi asesmen psikologi, Nadya Ariyani Hasanah Nuriyyatiningrum, M.Psi, Psikolog berharap  acara serupa akan dapat dilakukan oleh tim divisi layanan asesmen psikologi Walisongo Health and Professional Development Center (WHPDC) untuk dapat meningkatkan kompetensi para mahasiswa di bidang asesmen psikologi.