FPK News, Semarang- Pada Rabu, 28 Agustus 2024, Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi dan Kesehatan (DEMA FPK) UIN Walisongo Semarang menggelar acara Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Optimalisasi Reference Manager di Auditorium 2 UIN Walisongo. Kegiatan ini disambut antusias oleh para peserta, yang terdiri dari 285 mahasiswa baru fakultas tersebut. Acara ini dipandu langsung oleh Prof. Dr. H. Ikhrom, M.Ag., seorang profesor dan peneliti berpengalaman sekaligus Wakil Dekan 3 Fakultas Psikologi dan Kesehatan, yang memiliki keahlian mendalam dalam penggunaan aplikasi Mendeley serta pembuatan makalah ilmiah.

Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 dan berlangsung hingga pukul 11.30. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam mengelola referensi akademik dengan memanfaatkan fitur-fitur dari aplikasi Mendeley, serta memberikan pemahaman mendalam mengenai sistematika penulisan makalah yang baik dan benar. Hal ini penting karena artikel ilmiah yang berkualitas sangat bergantung pada penggunaan referensi yang tepat dan sesuai.

Acara diawali dengan sambutan hangat dari ketua pelaksana yang mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini. Sambutan juga diberikan oleh Presiden DEMA FPK, yang menyatakan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari upaya untuk memperkuat kompetensi mahasiswa baru dalam dunia akademik, terutama dalam hal penulisan dan pengelolaan referensi ilmiah.

Prof. Dr. H. Ikhrom, M.Ag saat membuka dan menyampaikan materi di Auditorium II

Pelatihan ini dibagi menjadi beberapa sesi utama. Pada sesi pertama, Prof. Dr. H. Ikhrom, M.Ag. memberikan pengantar tentang pentingnya penulisan artikel ilmiah dalam dunia akademik dan penelitian. Beliau menjelaskan bahwa penulisan yang baik tidak hanya memerlukan pemahaman materi, tetapi juga penguasaan alat bantu seperti Mendeley, yang dapat mempermudah proses pengorganisasian referensi.

Materi pertama yang disampaikan adalah pengenalan aplikasi Mendeley, yang meliputi cara instalasi dan pengaturan awal aplikasi. Peserta diajak untuk mengunduh, menginstal, dan melakukan registrasi pada aplikasi ini. Setelah itu, peserta diajarkan cara menambahkan dan mengorganisasi referensi, yang meliputi cara memasukkan referensi dari berbagai sumber, seperti jurnal, buku, dan artikel online ke dalam Mendeley. Prof. Ikhrom juga memberikan tips dan trik tentang bagaimana cara terbaik untuk mengatur folder dan tag pada Mendeley, agar referensi dapat ditemukan dengan mudah saat diperlukan.

Sesi berikutnya difokuskan pada sistematika penulisan makalah ilmiah, di mana Prof. Ikhrom menjelaskan pentingnya mengikuti template yang sudah baku agar makalah yang ditulis dapat diterima dan dipublikasikan di jurnal-jurnal ilmiah. Beliau juga menjelaskan tentang berbagai elemen penting dalam sebuah makalah, seperti abstrak, pendahuluan, tinjauan pustaka, metode, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan.

Tidak hanya teori, pelatihan ini juga menyediakan sesi praktik langsung, di mana peserta diminta untuk mencoba menggunakan aplikasi Mendeley dalam menulis makalah. Prof. Ikhrom membimbing mereka secara langsung, mulai dari memasukkan referensi hingga menghasilkan sitasi dan daftar pustaka yang rapi sesuai format yang diinginkan. Hal ini memberikan pengalaman nyata kepada peserta tentang bagaimana Mendeley dapat digunakan dalam proses penulisan yang sesungguhnya.

Menjelang akhir acara, para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi mengenai berbagai kesulitan yang mereka hadapi selama sesi praktik. Diskusi ini berjalan dengan interaktif, di mana Prof. Ikhrom dengan sabar menjawab setiap pertanyaan dan memberikan solusi praktis. Peserta tampak antusias dan merasa sangat terbantu dengan jawaban-jawaban yang diberikan.

Prof. Dr. H. Ikhrom, M.Ag foto bersama dengan pengurus DEMA dan peserta pelatihan.

Acara kemudian ditutup dengan closing statement dari Prof. Ikhrom. Beliau menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada semua peserta atas partisipasi aktif mereka dalam kegiatan ini. Beliau berharap agar ilmu yang telah didapat dapat diterapkan dengan baik dalam penulisan karya ilmiah di masa mendatang. Selain itu, beliau juga menekankan pentingnya konsistensi dan semangat dalam menulis, karena kedua hal tersebut merupakan kunci utama untuk menjadi penulis yang produktif dan berpengaruh.

Secara keseluruhan, pelatihan ini berjalan dengan lancar dan sesuai dengan agenda yang telah direncanakan. Para peserta tampak puas dengan materi yang disampaikan dan merasa mendapatkan banyak ilmu baru yang sangat berguna untuk menunjang kegiatan akademik mereka di masa depan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi awal yang baik bagi mahasiswa baru Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Walisongo Semarang dalam menjalani dunia perkuliahan yang penuh dengan tantangan dan kesempatan. *LH*