FPK News, Surabaya- Fakultas Psikologi dan Kesehatan melakukan kunjungan industri ke PT. Aerofood ACS Surabaya pada Kamis, 23 Februari 2023. Kunjungan ini merupakan salah satu rangkaian Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Program Studi Gizi 2023. Bersama 85 mahasiswa Prodi Gizi, rombongan tiba di Aerofood pada pukul 09.00 dan diterima oleh General Manager Aerofood ACS, Sion Antoni.


Dalam Sambutannya, Sion menyampaikan bahwa ACS merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia, khususnya bergerak pada bidang katering penerbangan. Namun, seiring dengan perkembangan dan tuntutan industri, Aerofood ACS menambah unit bisnisnya ke bidang lain, seperti hospital suplay, logistik, industri, lounge di beberapa bandara. Aerofood lahir pada tahun 1974 sebagai anak perusahaan Garuda Indonesia. Awalnya bernama PT. Angkasa Citra Sarana lalu berubah menjadi PT. Aerofood Indonesia pada tahun 2010.


“Kami berusaha melayani dan mengembangkan perusahaan ini ke berbagai bidang, semoga kunjungan ini bisa menambah wawasan mahasiswa terhadap layanan perusahaan kami dan dapat menyebarkan ke masyarakat” ungkap Sion.


Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan, UIN Walisongo Semarang, Prof. Dr. Syamsul Maarif, M.Ag. mengungkapkan dalam sambutannya bahwa KKL ini merupakan upaya resiliensi program studi pasca Covid-19. Kami berfokus pada program-program yang mampu memberi wawasan, pengetahuan, dan skill yang benar-benar dibutuhkan di dunia industri.


“Prodi Gizi mempunyai distingsi sebagai prodi yang berfokus pada gizi Halal. Ini merupakan implementasi Unity of Science. Konsep halal telah menjadi isu utama dunia bahwa makanan harus dibuat dan disajikan secara bermartabat” tegas Prof. Syamsul.
Prof Syamsul juga menambahkan “Kami berharap ini menjadi pembelajaran yang menginspirasi mahasiswa untuk menerapkan keilmuan yang sudah dipelajari di Universitas”.


Peserta mengaku menikmati kunjungan ini. Selain paparan dari para narasumber, mereka diberi kesempatan untuk berkeliling dan belajar langsung di pabriknya. Mulai dari penerimaan barang, Critical Control Point (CCP), Good Hygiene Practices (GHP) sampai pada kehalalan dan jaminan kualitas produk.
Ayudina, selaku tim sales dan marketing PT Aerofood melanjutkan acara dengan memaparkan berbagai macam informasi tentang Aerofood mulai dari layanan sampai pada capaian prestasi perusahaan.