FPK News, Semarang- Dengan mengembil tema “Penerapan Gizi Seimbang pada Masyarakat terhadap Pencegahan Stunting dan Hubungannya dengan KEK pada Ibu Hamil”, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Gizi UIN Walisongo Semarang yang bekerjasama dengan Ikatan Lembaga Mahasiswa Gizi Indonesia (ILMAGI) telah melaksanakan acara Gizi Peduli Indonesia 2021 secara daring melalui Zoom Cloud Meeting pada tanggal 29 dan 30 Mei 2021.

Gizi Peduli Indonesia atau yang disingkat dengan GPI (Online) ini masih satu rangkaian acara dengan GPI yang dilaksanakan secara offline di Desa Kalibogor – Sukorejo, Kabupaten Kendal pada tanggal 22 dan 23 Mei yang lalu.

Alasan diadakannya GPI merupakan salah satu acara nasional dari Departemen Pengabdian Masyarakat ILMAGI yang menjadi penghubung bagi mahasiswa gizi untuk dapat mengabdi di masyarakat dengan berpartisipasi langsung mengedukasi masyarakat tentang permasalahan gizi yang ada.

GPI yang dilaksanakan secara online ini telah diikuti oleh sebanyak kurang lebih 170 mahasiswa gizi dari berbagai universitas di Indonesia yang tergabung dalam ILMAGI. Dengan rangkaian acara pada hari pertama yaitu ada Opening Ceremony dan dilanjutkan acara Nutri’s Kit. Pada saat Opening Ceremony telah dibuka langsung oleh Bapak Moh. Arifin, S.Ag., M.Hum. selaku Wakil Dekan 3 Fakultas Psikologi dan Kesehatan serta Ibu Dr. Dina Sugiyanti, S.Si., M.Si. selaku Ketua Prodi Gizi, Ajeng Nadine selaku Sekretaris Jendral ILMAGI, dan Firda Ainun Nabila selaku Ketua Pelaksana GPI 2021 yang turut hadir menyampaikan sambutannya.

Setelah itu, dilanjutkan Nutri’s Kit yang merupakan acara pelatihan dasar kepada calon ahli gizi dengan berbagai macam materi yaitu ada materi Antropometri dan Gizi Penting untuk Ibu Hamil oleh Ibu Dwi Hartanti, S.Gz., M.Gizi; materi Gizi Seimbang untuk Penurunan Prevalensi Stunting oleh Pak Nuryanto, S.Gz. M.Gizi; dan materi Kekurangan Energi Kronik pada Ibu Hamil oleh Ibu Farohatus Sholichah, S.KM., M.Gizi. Turut hadir pula Ibu Fitria Susilowati, M.Sc. yang bertugas sebagai Moderator pada acara Nutri’s Kit tersebut.

Kemudian dilanjutkan pada hari kedua dengan rangkaian acara yaitu Siaga Gizi Indonesia dan penayangan dokumentasi pada saat GPI Offline berlangsung.

Dengan materi Tenaga Kesehatan dalam Siklus Bencana, BPBD Kab. Kendal yang secara online memberikan materi pada acara Siaga Gizi Indonesia kepada para peserta. Setelah itu, penayangan dokumentasi GPI Offline yang terdiri dari kegiatan penyuluhan dan posyandu; bakti sosial; pembuatan biopori; Siaga Gizi Indonesia (Offline); dan Virtual City Tour. Selanjutnya ditutuplah acara GPI Online ini dengan Closing Ceremony.

Setelah selesainya acara ini diharapkan mahasiswa gizi yang telah mengikuti acara GPI 2021 tersebut dapat mengimplementasikan pengetahuan yang didapat selama offline dan online kepada masyarakat sekitar demi tercapainya status gizi masyarakat yang lebih baik.