Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji syukur kepada Allah Swt atas segala nikmat-Nya. Salawat serta salam kepada Nabi Agung Muhammad saw.
Selamat datang di Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Fakultas psikologi dan dan Kesehatan mempunyai visi yaitu menjadi Fakultas yang unggul dalam riset psikologi dan kesehatan berbasis kesatuan ilmu pengetahuan untuk kemanusiaan dan peradaban Tingkat Asia tahun 2038. Berdasarkan visi tersebut, kami senantiasa berusaha untuk mencapainya dengan melaksanakan tridharma perguruan tinggi dengan semaksimal mungkin. Merealisaskan tata kelola yang profesional, penyediaan infrastruktur dan suprastuktur yang memadai, ditunjang dengan smart class, one touch system yang terintegrasi, dan green kampus yang membuat civitas akademik bergairah dalam berkarya, mengabdi, dan memberi pelayanan yang terbaik.
Pada bidang pendidikan, kurikulum yang kami susun mempunyai karakteristik yang khas dan sesuai dengan perkembangan zaman. Pada program studi psikologi (S-1), kurikulumnya telah memenuhi standar internasional, sehingga mahasiswa lulusan prodi psikologi mampu bersaing baik dalam kancah nasional maupun internasional. Kami mengembangkan teori-teori psikologi yang berbasis pada adat ketimuran, kearifan lokal, dan juga berdasar pada ajaran Islam. Pada Program Studi Gizi, kurikulumnya juga sangat disesuaikan dengan kemampuan adaptif pada era disrupsi. Mahasiswa dibekali dengan berbagai macam kemampuan dan keilmuan di bidang gizi. Selain itu, prodi Gizi FPK UIN Walisongo juga berfokus pada pedoman “bergizi dan halal”. Ini merupakan karakteristik khas yang tidak dimiliki oleh prodi gizi di universitas lain.
Pada bidang penelitian, kami senantiasa melaksanakan penelitian psikologi dan kesehatan yang relevan terhadap perkembangan zaman, tuntutan akademik, dan pemecahan-pemecahan masalah psikologi dan Kesehatan. Penelitian yang dihasilkan mempunyai dampak langsung terhadap perkembangan ilmu pengetahuan psikologi dan Kesehatan. Ini dibuktikan dengan banyaknya publikasi ilmiah yang dilakukan oleh civitas akademika Fakultas Psikologi dan Kesehatan, baik dari dosen, mahasiswa, maupun kolaborasi penelitian antara dosen dan mahasiswa. Kami juga aktif merancang dan melaksanakan penelitian kolaboratif lintas keilmuan dan lintas negara. Ini menjadikan Fakultas Psikologi dan Kesehatan sebagai fakultas yang paling mengedepankan pada kesatuan ilmu pengetahuan.
Pada bidang pengabdian masyarakat, kami konsisten mengabdikan keilmuan kami untuk masyarakat, khususnya pada bidang Psikologi dan Kesehatan. Pengabdian yang kami lakukan adalah hasil penelitian yang memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Tidak hanya tentang teori, tetapi kami langsung terjun ke masyarakat, sehingga dapat dipahami secara praktis dan solutif. Tentu saja ini adalah langkah konsisten FPK UIN Walisongo untuk senantiasa menuju pada kesatuan ilmu pengetahuan untuk kemanusiaan dan peradaban.
Demikian yang dapat saya sampaikan. Sekali lagi saya ucapkan selamat datang di Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Prof. Dr. Syamsul Maarif, M.Ag.